Dapatkan informasi , fakta, ilmu dan berbagai pengetahuan di sini. Memandang dunia dalam sudut yang berbeda.

Wednesday, June 19, 2013

Pengertian dan Fungsi Kapasistor


Kapasitor 1Pengertian kapasitor umumnya ditujukan pada komponen elektronika yang digunakan untuk menyimpan muatan arus listrik yang terdiri dari dua elektroda yang di pisahkan oleh bahan dielektrik.
Setiap konduktor di sebut keping. Dengan kata lain pengertian kapasitor atau dalam Bahasa Italia disebut kondensator (condensatore) ini adalah komponen elektronika yang dibuat sedemikian rupa hingga dapat menyimpan muatan arus listrik dalam waktu tertentu.
Seperti halnya resistor, prinsip kerja kapasitor umumnya sama dan termasuk ke dalam kelompok komponen pasif, yaitu jenis komponen yang bekerja tanpa membutuhkan arus panjar. Untuk membedakan jenis atau tipe kapasitor bisa dibedakan dari bahan dielektrik yang dipakai sebagai bahan isolatornya berupa kertas, mika, keramik, plastik cairan dan lain sebagainya.
Kapasitor sangat dibutuhkan dalam sebuah rangkaian elektronika karena bermanfaat untuk menghindari dari loncatan bunga api listrik pada rangkaian yang mengandung kumparan, menyimpan muatan listrik dalam rangkaian, menentukan frekuensi pada receiver dan sebagai penyaring di dalam rangkaian power supply.
Ada beberapa fungsi kapasitor, diantaranya adalah :
  • sebagai penyimpan arus atau tegangan listrik.
  • sebagai isolator atau penahan arus listrik pada arus DC.
  • sebagai konduktor atau melewatkan arus listrik pada arus AC.
Fungsi kapasitor yang lainnya di dalam rangkaian elektronika adalah :
  • sebagai kopling.
  • sebagai penggeser fasa.
  • sebagai filter pada satu rangkaian power supply.
  • sebagai generator frekuensi pada rangkaian oscilator.
  • untuk menghindari percikan bunga api pada sebuah saklar.
Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian dan fungsi kapasitor yang kami sarikan dari beberapa sumber referensi. Semoga bermanfaat buat semua pecinta elektronika.

No comments:

Post a Comment